Breaking News

Wednesday 12 August 2015

Makalah Manajemen Strategi



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang

Manajemen strategi adalah seni dan ilmu  penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapat sasarannya. Manajemen strategi adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategi mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen strategi merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direksi  dan dilaksanakan oleh CEO  serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategi memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.

Manajemen strategi berbicara tentang gambaran besar. Inti dari manajemen strategi adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya, dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategi.Manajemen strategi di saat ini harus memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalam organisasi. Ini adalah proses yang berkesinambungan dan terus-menerus.

Rencana strategi organisasi merupakan dokumen hidup yang selalu dikunjungi dan kembali dikunjungi. Bahkan mungkin sampai perlu dianggap sebagaimana suatu cairan karena sifatnya yang terus harus dimodifikasi.Seiring dengan adanya informasi baru telah tersedia, dia harus digunakan untuk membuat penyesuaian dan revisi.

Menurut Thomas L.Wheelen – J. David Hunger manajemen strategi adalah serangkaian dari pada keputusan majerial dan kegiatan-kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Kegiatan tersebut terdiri dari perumusan / perencanaan strategi, pelaksanaan / implementasi, dan evaluasi.

Lingkungan dunia yang mengalami perubahan seperti adanya globalisasi, kontrol masyarakat, perkembangan teknologi, memberikan dampak bagi perkembangan suatu negara maupun bisnis. Kontrol masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan maupun perusahaan, sehingga pemerintah maupun pemimpin perusahaan tidak dapat membuat kebijakan yang mengabaikan kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu, dalam menjalankan kegiatannya perlu adanya keselarasan antara kompetensi yang dimiliki perusahaan maupun pemerintah dengan lingkungan yang ada di luar organisasi (perusahaan dan pemerintah).

Pertimbangan global praktis berdampak pada keputusan strategi, batas-batas negara diabaikan. Untuk mengetahui dan menghargai dunia dari perspektif orang lain telah menjadi masalah hidup atau mati untuk bisnis. Dengan demikian perlu adanya kegiatan dalam pengambilan keputusan yang disesuaikan antara kemampuan yang dimiliki dengan lingkungan yang ada di sekitar sehingga perlunya adanya manajemen strategi. Menopang manajemen strategi tergantung pada manajer mendapat pengertian mengenai pesaing, pasar, harga, pemasok, distributor, pemerintah, kreditor, pemegang saham dan pelanggan diseluruh dunia. Harga dan mutu dari produk dan jasa perusahaan harus dapat bersaing di seluruh dunia, bukan hanya di pasar lokal.

Persaingan yang memunculkan daya saing erat kaitannya dengan pemahaman mekanisme pasar (standar dan benchmarking), kecepatan dan ketepatan penyampaian produk (barang dan jasa) yang mampu menciptakan nilai tambah.Oleh karena itu, peningkatan daya saing organisasi bersifat unik, tetapi pada intinya dipengaruhi oleh aspek kreativitas, kapasitas, teknologi yang diguna-kan dan jangkauan pemasaran yang dicapai. Hal tersebut diwujudkan dari tampilan produk, produktivitas yang ting-gi dan pelayanan yang baik.

B.       Masalah

1.     Bagaimana konsep manajemen strategi Aburizal Bakrie terhadap perusahaannya?

C.      Rumusan Masalah

1.      Apa itu Bakrie & Brothers?
2.      Analisis SWOT terhadap Bakrie & Brothers.

D.      Maksud dan Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:
1.     Memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Perusahaan.
2.     Memahami tentang manajemen strategi.
3.     Mengetahui gambaran manajemen strategi.
4.     Untuk menambahkan wawasan atau pemahaman terhadap pentingnya Manajemen Strategi bagi Perusahaan.

E.       Manfaat Penulisan

1.     Dapat menambah wawasan bagi pembaca.
2.     Menambah pengetahuan dalam pengetahuan tentang sejarah.
3.     Setelah membaca makalah ini di harapkan kita mampu menelaah juga memahami tentang pentingnya sejarah bagi kita serta dapat mengambil sisi positifnya dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

F.       Metode Penulisan

Metode penulisan yang digunakan oleh penulis dalam penulisan Makalah ini adalah metode kepustakaan. Dimana metode kepustakaan dilaksanakan dengan mencari bahan dari sumber-sumber yang menunjang dan berkaitan dengan materi dari makalah ini seperti mempelajari buku-buku, browsing internet dan sumber lain untuk mendapatkan data untuk pembuatan makalah ini.



BAB II
PEMBAHASAN


A.      Pengertian Manajemen Strategi

Manajemen strategi adalah seni dan ilmu  penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapat sasarannya. Manajemen strategi adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategi mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Berikut adalah pernyataan para ahli tentang manajemen strategi.

Barney, 2007:27 Manajemen strategis (strategic management) dapat dipahami sebagai proses pemilihan dan penerapan strategi-strategi. Sedangkan strategi adalah pola alokasi sumber daya yang memungkinkan organisasi-organisasi dapat mempertahankan kinerjanya.
Grant, 2008:10 Strategi juga dapat diartikan sebagai keseluruhan rencana mengenai penggunaan sumber daya-sumber daya untuk menciptakan suatu posisi menguntungkan. Dengan kata lain, manajamen strategis terlibat dengan pengembangan dan implementasi strategi-strategi dalam kerangka pengembangan keunggulan bersaing.

Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert E. Hoslisson (2006,XV)
Manajemen strategis adalah proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai. Besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak diakui pada masa-masa ini dibanding masa-masa sebelumnya. Dalam perekonomian global yang memungkinkan pergerakan barang dan jasa secara bebas diantara berbagai negara, perusahaan-perusahaan terus ditantang untuk semakin kompetitif. Banyak dari perusahaan yang telah meningkatkan tingkat kompetisinya ini menawarkan produk kepada konsumen dengan nilai yang lebih tinggi, dan hal ini sering menghasilkan laba diatas rata-rata

David 2005:5 Seni dan pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan and mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai obyektifnya. Hunger dan Wheelen 2006:4 Serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

Dengan demikian dari definisi di atas dapat diketahui fokus manajemen strategis terletak dalam memadukan manajemen, pemasaran, keuangan/akunting, produksi/operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi. Manajemen strategis di katakan efektif apabila memberi tahu seluruh karyawan mengenai sasaran bisnis, arah bisnis, kemajuan kearah pencapaian sasaran dan pelanggan, pesaing dan rencana produk kami.Komunikasi merupakan kunci keberhasilan manajemen strategis.

Dari definisi tersebut terdapat lima hal penting yang dapat disimpulkan, yaitu:
1.     Manajemen Strategik terdiri atas tiga proses:
2.     Pembuatan Strategi, yang meliputi pengembnagan misi dan tujuan jangka panjang, mengidentifiksikan peluang dan ancaman dari luar serta kekuatan dan kelemahan organisasi, pengembangan alternatif-alternatif strategi dan penentuan strategi yang sesuai untuk diadopsi.
3.     Penerapan strategi meliputi penentuan sasaran-sasaran operasional tahunan, kebijakan organisasi, memotovasi anggota dan mengalokasikan sumber-sumber daya agar strategi yang telah ditetapkan dapat diimplementasikan.
4.     Evaluasi/Kontrol strategi, mencakup usaha-usaha untuk memonitor seluruh hasil-hasil dari pembuatan dan penerapan strategi, termasuk mengukur kinerja individu dan organisasi serta mengambil langkah-langkah perbaikan jika diperlukan.
5.     Manajemen Strategi memfokuskan pada penyatuan/ penggabungan aspek-aspek pemasaran, riset dan pengembangan, keuangan/ akuntansi, operasional/ produksi dari sebuah organisasi.

B.       Sejarah Singkat Bakrie & Brothers

PT Bakrie & Brothers Tbk (IDX: BNBR) adalah perusahaan perdagangan Indonesia yang didirikan pada 1942 dan menjadi sebuah grup perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Sekarang ini, perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi, media, produksi pipa, bahan bangunan, komponen otomotif, dan investasi dalam pertambangan batu bara. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 11.000 orang. Sepanjang 70 tahun berkiprah, Bakrie & Brothers telah berupaya meningkatkan kapasitas bisnis dan meningkatkan kualitas di semua unit bisnis dalam rangka memenuhi standar internasional agar bisa bersaing di pasar global. Dalam kurun waktu tersebut, telah berdiri berbagai perusahaan yang memiliki potensi bisnis luarbiasa misalnya: Bakrie Telecom Home yang berbasis pada bisnis telekomunikasi, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk yang fokus pada karet dan minyak kelapa sawit, PT. Bumi Resources Tbk yang bergerak dibidang pertambangan, dan PT. Bakrieland Development, Tbk yang berbasis bisnis di dunia property , selain itu juga PT Energi Mega Persada Tbk yang menggeluti bisnis minyak dan gas, serta PT Bakrie Metal Industries yang bergerak di industri baja, juga banyak lagi perusahaan-perusahaan milik Group Bakrie.

C.      Analisis SWOT Bakrie & Brothers

1.    Strengths

1.         Salah satu Kekuatan besar dari  Bakrie & Brothers adalah mempunyai nama besar dan brand yang sudah dibangun selama 70 tahun , serta  jaringan bisnis dari berbagai industry baik industry COAL, Oil and Gas, Metal, Property, Telco, Infrastrukture dan Media di Indonesia.
2.         Perlu diketahui brand yang ada ini harus dipertahankan dan di tingkatkan lagi menjadi lebih baik dengan membangun brand- yang lebih mendunia, semisal mulai mensponsori event-event besar dunia. seperti bola, moto GP dan kegiatan bergengsi yang lain.
3.         Memiliki program CSR yang berkelanjutan, yang menurut saya ini sangat baik untuk menjaga Brand Image positif, mengingat isu-isu negatif yang akhir-akhir ini menerpa Bakrie & Brothers, misalnya acara-acara seperti: KPC yang keiatannya konservasi Orangutan dan Univ Bakrie Komitment Go Green dengan membangun gedung Energy Plus, Forum SR Bakrie Gelar Sharing Session II/2012 di BMF dll.
4.         Kedekatan pada pemerintahan juga sangat bermanfaat dalam rangka membuat Grand Design bisnis dari Group Bakrie, dan seharusnya kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis  yang lebih besar dengan bekerjasama dengan program pemerintah seperti yang pernah dilakukan Salim groups.

2.    Weaknesses

Tidak ada satupun perusahaan yang tidak memiliki kelemahan, begitu juga Group Bakrie. yang harus dilakukan adalah menjadikan  kekurangan-kekurangan yang selama ini ada di Group Bakrie menjadi kekuatan, dan ini adalah salah satu langkah cerdas yang harus diambil sebagai seorang CEO.  Kemudian bagaimana   memperbaikinya, terutama menanggapi isu-isu negative yang selama ini melingkupi Group Bakrie?
1.         Banyak isu negatif yang muncul di masyarakat mengenai masalah-masalah anak perusahanan Group Bakrie yang tidak mengutamakan kepentingan masyarakat, misalnya kasus Lapindo. Salah satu strategi meredam isu itu adalah dengan meningkatkan aktivitas yang berhubungan dengan social responsibility di setiap lokasi perusahaan Bakrie & Brothers, sehingga masyarakat sekitar akan merasa bahwa Bakrie & Brothers banyak memperhatikan kepentingan mereka, bukankah dukungn masyarakat juga penting juka kita ingin membangun bisnis dan memanfaatkan aset yang berada diantara mereka.
2.         Banyak Isu yang di sangkut pautkan antara bisnis Group Bakrie dengan politik karena bapak Abu Rizal Bakrie menjadi Ketua Partai Golkar. Politik, bisa menjadi blunder tersendiri dengan bisnis ketika kondisi politik atau partai yang diikuti terlibat masalah, atau bahkan jika hanya  anggota yang lain saja sekalipun yang terlibat masalah. Akan lebih baik jika kita meilhat dari segi bisnis, dalam hal ini mendahulukan kepentingan bisnis ketimbang politik. Fokus pada dunia bisnis akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan korporasi, dan bisnis akan terus berinovasi ketika owner dan SDM-nya fokus pada pengembangan produk dan fokus pada target bisnis. Lihatlah pebisnis dunia yang melegenda seperti perusahaan -perusahaan Coca cola, Virgin Toyota, Honda, Apple, Mercedes dan lainnya. Mereka fokus pada produk dan inovasi, dan bukan pada politik.

3.    Opportunities

Kesempatan  Bakrie & Brothers sangat terbuka dalam rangka munuju korporasi berkelas dunia, diantaranya dengan melihat potensi yang dimiliki perusahaan-perusahaan yang menguasai sebagian besar sector strategis.

Bumi resources, Bakrie Metal Industries, dan Energi Mega Pesada yang bergerak di bidang pertambangan, perminyakan dan gas berkesempatan mengembangkan menjadi perusahaan Energi berkelas dunia, dengan belajar dari Negara-negara maju dan memanfaatkan keyaan alam Indonesia. Sektor ini harus benar-benar dimanfaatkan dan perusahaan ini berkesempatan menjadi Driven Force bagi perkembangan dunia migas Indonesia.

Bakrie Telecom perusahaan telekomunikasi dan internet ini berkesempatan menjadi satu penunjang utama group karena sektor ini memegang peranan populis. Sudah saatnya perusaaan komunikasi swasta juga bersaing di kancah internasional, dan Bakrie Telecom berkesempatan besar.

Sumatra Plantations yang begerak dalam bidang yang berhubungan langsung dengan lingkungan perhutanan dan pertanian, berpeluang besar dengan mengoptimalkan sumberdaya alam Indonesia yang notabene jauh lebih baik dari Negara-Negara maju dan Sumatra Plantations harus memiliki respon yang cepat terhadap peluang yang ada agar tidak diambil oleh perusahaan asing.

4.    Thereats

Secara umum, perusahaan seperti   Bumi Resources,  Bakrie Metal Industries, dan Energi Mega Pesada adalah bahwa sector ini bergerak di bidang sumberdaya tak dapat diperbarui yang semakin menipis, jadi seharusnya mulai melirik bisnis renewable energy, mengembankan teknologi maju seperti sel surya, nano teknologi, dan ilmu-ilmu yang dimiliki negara maju, Bakrie & Brothers harusnya punya kapital untuk belajar mengejar ketertinggalan.

Bakrieland yang bekerja di bidang infrastruktur jelas membutuhkan sumberdaya yang mulai langka yaitu kayu. Untuk itu jika perusahaan mempunyai lahan perhutanan sendiri akan ada penanaman bibit baru dan akan ada perawatan khusus oleh bagian ahli supaya menghasilkan sumberdaya secara lebih cepat dan tetap berkualitas.

Bakrie Telecom mempunyai banyak sekali saingan provider di Indonesia. Salah satu kendalanya mungkin karena patformnya cdma yang tidak begitu populer di Indonesia. Untuk mengalihkan pasar, strateginya adalah meyesuaikan konten dari bakrie telecom dengan kebutuhan pelanggan.

Sementara ancaman lain yang muncul dari politik adalah isu-isu  politik yang menimpa keluarga Bakrie & Brothers. Semua kritik dan masukan harus diterima sebagai inputan untuk memperbaiki kualitas Bakrie & Brothers.

D.      Manajemen Strategi Bakrie & Brothers

Dari analisis SWOT di atas, Bakrie & Brothers memiliki tujuh poin strategi dalam perusahaannya dalam rangka menuju world class corporation.

1.      Average is not enough

Kalau kita belajar dari perusahaan kelas dunia, mereka tidak pernah setengah-setengah dalam menjalankan bisnis mereka, menciptakan produk/jasa yang inovatif dan kreatif dan one step ahead dibandingkan kompetitornya. Simak saja perusahaan seperti Apple dengan iPod, iPhone, dan iPad-nya yang membuat teknologi menjadi lifestyle, kemudian menciptakan suatu standard tinggi yang sulit untuk diikuti oleh brand kompetitornya. Semua produk dari Apple bukanlah produk yang hanya rata-rata saja di pasar, semua produk nya one step ahead.

Sudahkah Bakrie & Brothers menerapakan standart ini di semua sektor bisnisnya? Menjadi yang biasa-biasa saja tidaklah cukup, kita harus menjadi yang luar biasa.

2.      Work Smart than Work Hard

Work Smarter than Work Harder. Dengan perubahan pasar yang begitu cepat, kerja keras saja tidaklah cukup, tetapi juga kerja cerdas. Tidak hanya cerdas dalam melihat peluang, tetapi juga cerdas dalam kolaborasi untuk menggabungkan berbagai macam sumber daya untuk mencapai tujuan. Bakrie adalah korporasi besar, dengan 70 tahun ujian perjalanan, sudah saatnya melakukan lompatan yang jauh lebih besar lagi dengan menjadikan visi baru menuju perusahaan berkelas dunia.
Hal itu akan bisa  dilakukan sendiri dengan sumber daya yang terbatas, apalagi bisa masih disibukkan dengan dunia politik, karena semua bisnis berpacu untuk menjadi yang terdepan dan menjadi yang paling inovatif. Maka penting sekali untuk berkolaborasi dengan pihak lain, menggandeng pemerintah, peneliti, bahkan para ilmuan dan penemu dari dalam dan luar negeri, jika ingin bersaing dan menciptakan produk-produk unggulan. Selain itu juga harus menggabungkan kapasitas dan kompetensi sehingga bersinergi untuk mencapai suatu percepatan dalam bisnis.

3.      Vision, Strategy, and Tactics

Visi yang jelas, strategi jangka panjang dan taktik jangka pendek merupakan pondasi di mana perusahaan akan berhasil memiliki proses bisnis yang tidak hanya efisien, tetapi juga efektif. Simak salah satu visi dan misi  anak perusahaan Bakrie ini:
“To Be the Number One and Most Admired Integrated Agro-Business Company in Indonesia.” (Menjadi Perusahaan Agro Nomor Satu dan Paling Dikagumi di Indonesia)

Menurut saya, sudah seharusnya kata "di Indonesia" dirubah menjadi "di Dunia" –Investasi terhadap sumber daya manusia maupun infrastruktur pendukung tidak akan sia-sia kalau visi dan tujuannya jelas. Tentu saja harus dengan proses bisnis yang benar, produk/jasa kualitasnya terjaga dengan harga yang kompetitif dan mampu diterima oleh pasar.

4.      Think Globally, Feel Locally

Jika kita ingin bersaing di pasar dunia, kuncinya adalah dengan mengadopsi manajemen global, belajar dari perusahaan multi-nasional, sehingga standarnya adalah standar kelas dunia, namun juga harus menghadirkan karakter yang sesuai dengan karakter lokal. Karena tanpa kemampuan adaptasi untuk memahami karakter unik lokal, baik customer ataupun pola bisnis, perusahaan kelas dunia tidak akan mampu memenangkan pasar. KFC, McDonald sudah melakukan hal tersebut dalam melakukan pengembangan produk-produk dan servisnya, Bakrie & Brothers juga harus melakukan hal sama, bukankah sukses itu bisa ditiru?

5.      Customer Connectivity and Engagement

Dengan perubahan pasar yang terjadi saat ini, maka kita tidak hanya melihat produk dan servis, tetapi lebih dari itu adalah kepedulian terhadap people and planet. Hal tersebut yang akan membuat produk/jasa memiliki value dan selalu connect dengan kustomer. oleh sebab itu, segala permasalahan yang terjadi di anak perusahaan Bakrie & Brothers, harus segera di carikan solusi. Contoh kasus seperti lapindo harus segera diatasi secepatnya dan memperbaiki citra perusahaan agar bisa menjadikan Bakrie & Brothers benar-benar berada di hati masyarakat.

6.      Focus on character and uniqueness

Fokus dengan karakter dan keunikan adalah salah satu ciri perusahaan kelas dunia. Ambil saja contoh seperti Apple, sebagai salah satu perusahaan inovatif dunia. Dia memiliki karakter yang unik dengan personal komputernya. Bagi mereka produk bukanlah differensiasi utamanya, tetapi fokus dengan karakter mereka yang memberikan care kepada customer-nya, sehingga customernya benar-benar merasakan visi personal komputer. Sejauh ini Bakri group belum sepenuhnya menerapkan ini sebagai bagian dari corporate culture yang kuat di seluruh brand yang dimilikinya. Dengan memberikan fokus pada keunikan produk inilah maka Bakrie & Brothers dan anak perusahaannya dapat benar-benar bersaing di pasaran.

7.      Link global for expand

Ekspansi bisnis merupakan kunci ketika kita ingin besar. Sejauh ini  Bakrie & Brothers sudah memiliki sektor bisnis yang strategis dibeberapa sektor. Namun melirik asset-aset dan perusahaan besar dunia sangatlah perlu untuk mengembangkan perusahaan ini menjadi perusahaan berkelas dunia. Bakrie & Brothers harus  mulai bermain di luar, mempertimbangkan untuk bertarung di kancah bisnis dunia, dan membangun relasi dengan perusahaan sekelas dunia lainnya juga.

Sudah saatnya perusahaan Indonesia bersaing di kancah Internasional dan memenangi pertarungan bisnis, dan share market internasional.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan

Pada era global, manajemen strategi mengalami tren baru yaitu
1.      peralihan dari perencanaan menjadi keunggulan bersaing. Pembuatan strategi lebih didasarkan pada konsep keunggulan bersaing  yang memiliki lima karakteristik, yaitu:
·         Kompetensi khusus. Keunggulan bersaing merupakan hal khusus yang dimiliki atau dilakukan suatu organisasi yang memberinya kekuatan untuk menghadapi pesaing. Kompetensi ini bisa berwujud opini atau merek yang mempunyai persepsi kualitas tinggi. (misalnya; opini: Pengelolaan administrasi yang rapi, terkenal bersih atau bebas KKN/Korupsi Kolusi Nepotisme, Tepat waktu. Merek: Coca cola, IBM, BMW, Mc Donald’s).
·         Menciptakan persaingan tidak sempurna. Dalam persaingan sempurna semua  organisasi menghasilkan  produk yang serupa sehingga bebas keluar masuk ke dalam pasar. Suatu organisasi dapat memperoleh keunggulan bersaing dengan menciptakan persaingan tidak sempurna yaitu dengan cara memberikan kualitas yang tinggi di aspek-aspek tertentu.
·         Berkesinambungan, Keunggulan bersaing harus bersifat berkesinambungan bukan  sementara  dan tidak mudah ditiru oleh para pesaing.
·         Kesesuaian dengan lingkungan internal. Keunggulan bersaing dapat diraih dengan menyesuaikan kebutuhan atau permintaan pasar. Karena lingkungan eksternal bisa berupa ancaman dan peluang, sehingga perubahan pasar dapat meningkatkan keunggulan atau kelemahan suatu organisasi.
·         Keuntungan yang tinggi daripada keuntungan rata-rata Sasaran utama keunggulan bersaing adalah mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada keuntungan rata-rata orrganisasi-organisasi lainnya.

2.      Peralihan dari Elitism menjadi EgalitarianismBerpikir strategik dalam Manajemen Strategik tidak hanya dilakukan oleh para kelompok elit perencana saja, tetapi juga ditanamkan kepada setiap anggota organisasi. Dalam Manajemen Strategik orang yang melakukan perencanaan adalah setiap pihak yang juga akan mengimplementasikan rencana tersebut.
3.      Peralihan dari perhitungan (kalkulasi) menjadi kreativitas Dalam Manajemen Strategik, strategi-strateginya tidak hanya terfokus pada faktor-faktor yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur saja, tetapi juga mempertimbangkan perspektif yang lebih kualitatif. Strategi lebih banyak tergantung pada aspek perasaan (senses) daripada analisis sehingga dalam penyusunan strategi sangat diperlukan kreatifitas.
4.      Peralihan dari sifat kaku menjadi fleksibel. Manajemen strategik lebih bersifat lentur/ fleksibel karena manggabungkan pandangan dan tindakan, menyeimbangkan pengendalian dan learning, serta mengelola stabilitas dan perubahan. Strategi yang dibangun  merupakan strategi yag adaptif dan fleksibel dalam menghadapi perubahan dan kondisi pasar yang penuh ketidakpastian.

B.       Saran

1.     Di harapkan makalah ini dapat berguna bagi kita semua dalam pembelajaran Manajemen Perusahaan.
2.     Di harapkan makalah ini dapat menjadi pembelajaran bagi teman-teman semua karena masih banyak hal yang perlu kita pelajari dalam proses pentingnya manajemen strategi dalam suatu perusahaan.


DAFTAR PUSTAKA



No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com